Jumat, 26 Agustus 2011

Program Penggemukan

Resep Masakan Praktis
Rendang Padang
Bahan:
1 ½ kilo daging sapi
12 gelas santan dari 3 butir kelapa
2 biji asam kandis
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya

Haluskan:
1 ons cabe merah
15 buah bawang merah
6 siung bawang putih
5 buah kemiri
2 cm jahe
3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)

Cara membuat:
~ Daging dipotong2 sesuai selera.
~ Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
~ Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
~ Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya. (In)

Tips :
- Sedikit tambahan untuk resep tsb (supaya lebih enak,boleh di test):
* 1kg daging, kelapanya 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau 1,5 kg sebaiknya 5 butir kelapa.
* Ditambah 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
* Ditambah 2 sdm kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus (sampai keluar minyak)
* Sedikit gula, bila suka
* Kalau ingin rasanya lebih sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
* Supaya lebih meresap bumbunya, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata. (Dew)

- Kebetulan kalau bikin rendang saya juga memasukkan sedikit asam kandis, tetapi rasanya tidak menjadi asam sama sekali kok (kali kalah sama rasa bumbu dan santannya), soalnya paling asam kandisnya 2 atau 3 biji. Kata orang sih, asam juga dapat berfungsi sebagai pengawet alami? (bener nggak sih). (An)

- Kadang ada orang yang bilang kenapa kalau masak rendang tidak bisa hitam seperti rendangnya orang Minang. Ibuku bilang, supaya rendang bisa hitam, kuncinya jangan pakai kunyit. Kalau pakai kunyit, biar masaknya lama dengan api kecil pun, rendang tetap kelihatan merah (seperti kalio).

- Supaya dedaknya banyak, santan juga harus banyak. Memeras santan untuk rendang, perasan pertama sebaiknya jangan ditambahkan air dulu.Peras kelapa dengan menggunakan kain/serbet khusus, supaya patinya keluar.

- Resep keluargaku, takaran utamanya :
1 kg daging, 4 butir kelapa (kalau di Batam = 2kg), 1 ons cabe giling. Ukuran potongan daging yang pas utk rendang, 1 kg = 25-30 potong, potong sesuai seratnya supaya tidak cepat hancur waktu dimasak.

- Kalau jenis dagingnya yang cepat empuk, jangan terlalu cepat dimasukkan, cukup di aduk dengan bumbu supaya meresap lebih dahulu dan didiamkan k/l 1/2 jam, baru masukkan setelah santan yang telah dijerang keluar minyaknya.

Selasa, 28 Desember 2010

Bagi Raport

Sekolahan sepi. Murid2 pada pulang pagi lantaran gak ada acara di sekolahan. UAS sudah, remidi sudah, bayar SPP sudah, apa lagi? Tadi sih ada anak2 yang main band sejam dua jam tapi lalu pulang lantaran teman2nya pada pulang. Ah mendingan bikin acara masak2. Bikin pisang goreng, iuran 5ribuan. Sambil nunggu pisang mateng, mending buka internet kan? Ngentri tulisan baru, dari pada halaman blognya hangus? Ya to?
Mungkin anak2 juga lagi hepi2 bikin acara masak2 atau kumpul2 di rumah temen sambil nunggu hari H bagi Raport yang semula di rencanakan tanggal 31 Des 2010 tapi di majukan 30 Des 2010.

Senin, 07 Juni 2010

SMA N 1 Danau Panggang

Asyiik.....Asyiiik......Setiap bapak pulang mengajar pasti bawa ikan. Ada Papuyu (Bethok), ada Haruan (gabus) ada patung (carper) dan lain-lain. Pokoknya seneng deh. Paling modalnya cuma Rp4000,- untuk beli umpan ulat bumbung. Ulat Bumbung tuh, ulat yang dimasukkan dalam batang bambu muda. Panjang bambunya kira-kira 15cm. Lubang atas dan bawahnya disumbat pakai daun pisang. Satu bumbung isinya 25-30 ekor ulat. Kata orang, ulat bumbung tuh ulat sutra jantan. Tapi aku sendiri gak tahu, ulatnya kayak ulat pisang tapi tidak bertepung.
Kata Bapak, ngajar di Danau Panggang tuh enak banget karena kalau istirahat ya mancing, kalau pas gak ada jam ngajar ya mancing. Pokoknya kalau gak ada kegiatan ya Mancing. Hidup Manciiiiiiiing.........Hore.....hore......hore......

Kamis, 03 Juni 2010

Intan Kura-kura


Intan gak pernah ngebayangin kalau akhirnya bapak punya nasib agak mendingan. Kalau dulu sih bayanginnya bapak cuma jadi tukang jahit oto, atau paling pol jadi tukang jahit vermax di pasar mintreng. Atau kalau musim kemarau ikut ceblok kacang ijo, harian di tempat lek musman. Yaahh... Sekarang alhamdulilah. Allah maha Besar. Disini bumi Allah, disana juga bumi Allah. Ndak ada yang perlu dikhawatirkan selama tujuan hidup adalah ibadah.